Cara Memulai Bisnis Mainan Anak dengan Modal Kecil Agar Sukses dan Maju

Cara memulai bisnis mainan anak dengan modal kecil agar sukses dan maju. Jenis bisnis yang satu ini memang pantas untuk Anda jadikan target bisnis yang menjanjikan. Hal ini bisa dilihat dengan maraknya berjualan mainan anak yang terlihat di mall mall, jualan mainan keliling, usaha sewa mainan anak, dan usaha toko mainan edukatif, bisnis mainan edukatif dan masih banyak lainnya. Alasan mainan anak layak Anda pertimbangkan menjadi peluang bisnis Anda karena bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan memiliki konsumen tertarget dengan pangsa pasar besar.

Berapa modal memulai bisnis mainan anak ini?. Bisnis usaha jual mainan anak bisa dimulai dengan modal yang variatif bahkan bisa kurang dari 10 juta rupiah. Jadi, dengan modal yang relatif kecil tersebut Anda sudah bisa memulai membuka usaha mainan anak. Disamping itu, keuntungan dari berjualan mainan anak adalah tidak ada tanggal expired atau kadaluarsa untuk jenis produknya maka tidak ada kerugian yang bersifatnya batasan waktu jual. Nah, cukup menarik bukan, Agar lebih memantapkan lagi, dibawah ini akan kita bahas lebih dalam lagi tentang tips memulai bisnis mainan anak dan strateginya.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Mainan Anak Agar Sukses

bisnis mainan anak

Dalam menjalankan usaha atau bisnis tentu harus memiliki strategi dan manajemen pemasaran yang tepat agar meraih kesuksesan. Hal ini pun penting dilakukan pada bisnis mainan anak. Biasanya, mereka yang memulai buka usaha toko mainan anak mengalami kegagalan karena tidak memiliki strategi yang tepat. Nah, berikut ini hal penting yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis mainan anak, antara lain:

1. Jenis Mainan

Hal paling penting untuk dilakukan saat memulai bisnis mainan anak yaitu pemilihan jenis mainan yang akan dijual. Banyaknya jenis mainan anak maka sangat penting Anda menentukan jenis mainan apa yang akan Anda jual. Seperti kita ketahui ada macam macam mainan untuk anak ini seperti mainan edukatif, mainan bayi, mainan anak sd dan lainnya. maka sangat disarankan untuk memperhatikan jenis mainan yang akan Anda jual dan target anak umur berapa yang menjadi konsumennya.

Baca juga: Cara Memulai Buka Usaha Sendiri dengan Modal 10 juta yang Cocok dan Tepat

2. Modal Usaha

Seperti yang telah disebukan diatas bahwa modal untuk memulai bisnis mainan anak sangat relatif. Jika Anda ingin langsung besar dengan barang jualan yang komplit maka membutuhkan modal yang besar. Tapi, jika Anda ingin memulai dengan modal kecil maka  modal awal memulai usaha anak dengan 1o juta sudah bisa dilakukan. Untuk modal 10 juta maka Anda langsung bisa memulai jualan mainan keliling. Anda bisa langsung menyiapkan barang dagangan mainan anak yang harganya relatif murah dan menyiapkan lapak atau berjualan keliling. Jika memiliki modal usaha besar maka bisa langsung membuka toko mainan anak dan lebih komplit barang dagangannya dengan harga yang bervariasi.

3. Tempat Jualan

Hal penting lainnya untuk memulai bisnis mainan anak yaitu dengan menentukan lokasi yang tepat. Pilihlah tempat yang strategis yaitu mudah terjangkau dan mudah terlihat. Jika Anda membuka toko mainan anak maka sebaiknya dekat dengan pusat keramaian. Namun jika Anda untuk berjualan keliling mainan maka cari tempat berkumpulnya anak seperti sekolahan dan tempat-tempat bermain anak.

Keuntungan Bisnis Mainan Anak dan Hambatannya

Semua usaha pastilah ada nilai plus minusnya, hal ini juga berlaku untuk usaha jualan mainan anak. Nah biar lebih jelasnya apa keuntungan dan hambatan yang akan dihadapi saat Anda melakukan bisnis mainan anak, yaitu:

Produk Tanpa Kadaluarsa

Bisnis mainan anak sangat diuntungkan dengan produk yang tidak memiliki expired atau kadaluarsa. Jadi tidak ada risiko kerugian jika ada jenis barang tertentu kurang laku dijual. bahkan berjualan mainan anak ini bisa dibilang risiko kerugiannya nol persen.

Modal Kecil

Selain tanpa adanya masa kadaluarsa untuk produk mainan, modal yang dibutuhkan untuk bisnis mainan anak relatif kecil. Cukup dengan modal 10 juta untuk mengawali bisnis mainan ini sudah bisa jalan. Pilih jenis barang mainan yang harga murah agar lebih banyak yang bisa Anda jual. Untuk tempat bisa disesuaikan modal, bisa dengan buka lapak atau berkeliling.

Setelah mengetahui keuntungan atau kelebihan bisnis mainan anak, ada hambatan biasa dialami antara lain persaingan yang ketat. Ketatnya persaingan usaha mainan anak ini kadang membuat penjual mainan terus berlomba memenuhi kebutuhan produk yang dibutuhkan. Dan itu harus diimbangi, hal ini lebih terasa jika tempat berjualan berdekatan maka persaingan harga dan stok akan lebih panas. Demikian ulasan tentang memulai bisnis mainan anak, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Usaha Jual Beli Handphone Agar Cepat Sukses dengan Mudah