cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan

7 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan dan lebaran. Ramadhan sebentar lagi datang dan semua muslim di dunia menyembutnya dengan penuh suka cita. Hal ini terlihat dengan berbagai persiapan yang dilakukan baik mempersiapkan sajian seperti sirup, kurma dan lainnya. Maka tak mengherankan banyak pusat perbelanjaan menyediakan aneka sirup dan aneka rupa keperluan ramadhan. Bulan puasa membuat kebutuhan masyarakat meningkat dan biasanya dibarengi dengan naiknya harga kebutuhan pokok di pasar. Untuk dari itu, Anda harus pandai-pandai menyiasatinya agar pengeluaran uang tidak membengkak pada bulan ramadhan.

Untuk mengatasi pengeluaran yang banyak apalagi masih ada kebutuhan pas hari raya maka penting buat Anda mengetahui cara cerdas mengatur keuangan jelang ramadhan. Dengan demikian, nantinya pengeluaran dana bisa tercukupi sampai lebaran tiba. Nah, untuk itu dibawah ini ada beberapa tips untuk mengatur keuangan menyambut ramadhan dan hari raya.

Tips dan Cara Cerdas Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan

Menjelang bulan puasa biasanya ditandai dengan naiknya harga kebutuhan pokok dan akan terus naik hingga mendekati hari raya idul fitri. Jika penggunaan uang tidak disiasati dengan baik maka boleh jadi ada pengeluaran yang membengkak diluar perkiraan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut terjadi maka simak beberapa cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan dan lebaran berikut ini, yaitu:

1. Membuat Daftar Menu

Cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan yang pertama yaitu dengan membuat daftar menu makanan selama sebulan. Dengan buat daftar menu tersebut maka Anda dapat mengetahui dan menyeleksi bahan sajian untuk buka dan sahur. Apa saja bahan yang dibutuhkan sekaligus dana yang harus dikeluarkan selama sebulan. Dengan cara ini juga membuat Anda membeli sesuai dengan kebutuhan dan menghindari dari belanja bahan makanan yang tidak seharusnya Anda beli.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Menurut Islam Agar Hidup Berkecukupan dan Berkah

2. Belanja Sesuai Kebutuhan

Bulan ramadhan akan merubah pola konsumsi, jika pada hari-hari biasa makan dilakukan tiga kali dalam sehari namun selama bulan puasa hanya dua kali saja. Namun demikian bukan berarti semakin hemat karena hidangan yang disajikan saat buka dan sahur tentu menyediakan makanan yang khas. Selama puasa tidak hanya lauk dan nasi yang disajikan namun sajian seperti kulak, buah, sirup dan lainnya akan membuat pengeluaran bertambah. Oleh karena itu tips mengatur keuangan selama bulan ramadhan yaitu dengan menyesuaikan kebutuhan bukan keinginan dengan fokus pada kebutuhan saja.

3. Hindari Perilaku Konsumtif

Selama ramadhan juga merubah kebiasaan dari yang semula tidak terlalu mementingkan makanan menjadi lebih konsumtif. Hal ini terlihat dari banyaknya orang tetap mencari jajanan khas puasa di luar yang belum ada di rumah. Oleh karena itu sebagai cara cerdas mengatur keuangan selama ramadhan yaitu menghindari kebiasaan konsumtif dengan membeli aneka makanan khas yang belum tentu kita butuhkan atau bahkan dimakan karena terlalu banyak sajian.

4. Memilih Ajakan Buka Bersama

Buka bersama memang kebiasaan yang terjadi di bulan puasa dan hal itu boleh-boleh saja dilakukan. Namun untuk cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan yang baik maka sebaiknya Anda lebih selektif. Jangan setiap ajakan Anda terima karena dengan itu akan lebih hemat. Buka bersama bisa dilakukan namun satu atau dua kali saja bukan lebih dari itu. Biasakan untuk tidak selalu mengiyakan ajakan teman untuk buka bersama.

5. Mulai Belanja Kebutuhan Lebaran

Kebutuhan lebaran sebaiknya juga dipikirkan lebih awal. Hal ini dilakukan agar lebih terkontrol dan tidak merasa berat nantinya. Saat awal atau pertengahan maka mulailah mencicil beli kebutuhan lebaran seperti membeli baju. Setelah itu, pada hari selanjutnya atau minggu berikutnya disusul dengan membeli sandal atau kebutuhan lainnya. Namun perlu diperhatikan Anda harus pintar pintar mengukur kemampuan diri. Jangan sampai Anda habiskan uang untuk keperluan tertentu saja dan melupakan kebutuhan lebaran lainnya seperti terlalu banyak membeli pakaian namun lupa kebutuhan dapur saat lebaran nanti.

6. Belanja Lebih Awal

Belanja lebih awal sebaiknya Anda lakukan untuk persiapan lebaran seperti kebutuhan makanan, pakaian dan lainnya. Lakukan belanja lebih awal kebutuhan tadi karena seperti pada tahun-tahun sebelumnya semakin dekat dengan lebaran maka semua harga akan naik. Harga terus merangkak naik dari awal bulan ramadhan hingga menjelang lebaran nanti. Oleh sebab itu, tips yang paling pas sebagai cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan yaitu belanjalah kebutuhan lebih awal.

7. Pertimbangkan Kualitas bukan Merk

Setelah Anda mulai mencicil kebutuhan lebaran selama ramadhan dan dilakukan lebih awal maka cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan yaitu tidak mengutamakan merk. Biasanya orang akan merasa lebih menarik dengan membeli pakaian dan pernak-perniknya dengan merk yang sudah terkenal. Namun hal itu sebaiknya dapat dihindari karena bisa menjadikan keuangan Anda makin terkuras. Cobalah memilih pakaian yang kualitas yang bagus tapi ada selisih harga lebih murah. Jangan malu dengan membandingkan dari toko A ke toko B untuk mendapatkan harga yang bagus dengan barang yang kualitas baik.

Baca juga: Inilah Cara Mengatur Keuangan Untuk Wanita yang Hobi Belanja

Demikianlah beberapa cara cerdas mengatur keuangan menjelang ramadhan dan lebaran agar pengeluaran tidak membengkak. Semoga tips tadi bisa bermanfaat untuk pembaca semua, terimakasih.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *