cara memilih suami yang saleh

3 Cara Memilih Suami yang Saleh dan Baik Menurut Islam

Cara memilih suami yang saleh dan baik menurut islam. Semua wanita tentunya mendambakan punya suami yang terbaik dalam kehidupan rumah tangganya kelak. Dia mengharapkan seorang suami yang baik dan shaleh yang dapat menjadi imam bagi keluarganya. Suami yang bisa menuntun ke arah hidup yang lebih baik dan juga menjadi pelindung baginya dan anak-anaknya nanti. Semua harapan dan keinginan tersebut tentu tidak hanya diinginkan oleh muslimah yang taat dan rajin beribadah saja, bahkan yang masih malas dalam beribadah pun memiliki keinginan yang sama.

Dalam islam mengajarkan tentang bagaimana cara memilih suami yang saleh. Meskipun ukuran saleh atau sholeh ini memiliki penafsiran yang beda-beda bagi setiap orang. Ada yang berpendapat bahwa suami yang saleh itu suami yang rajin beribadah dan pintar ilmu agama. Ada pula yang berpendapat lain, suami saleh itu yang pintar mengaji, baik pada siapa pun dan sering beramal. Nah, agar lebih paham arti saleh menurut islam yang bisa menjadi kriteria memilih untuk suami Anda. Dibawah ini akan menjelaskan lebih lengkap tentang cara memilih suami saleh dan baik menurut islam.

Inilah Cara Memilih Suami yang Saleh dan Baik Menurut Islam

Baik saja tidak cukup untuk kriteria seorang suami karena tentunya hidup berumah tangga memiliki tujuan hidup bahagia bersama. Hidup bahagia tidak hanya untuk di dunia saja namun juga akherat. Untuk mendapatkan kebahagiaan dunia akherat tersebut salah satunya dengan adanya suami yang saleh dan juga baik. Jika Anda sedang mencari calon suami maka tips tentang cara memilih suami yang saleh dan baik pas untuk Anda terapkan, Apa saja itu?, simak yang berikut ini:

1. Bertakwa

Seorang pria disebut saleh manakala dia memiliki sifat taat atau takwa. Laki-laki yang selalu menjalankan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Disamping itu, dia menjauhi semua yang dilarang agama. Maka termasuk cara memilih suami yang saleh yaitu dengan mencari pria yang memiliki ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al Hujurat ayat 13 yang artinya : Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertaqwa”.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Calon Istri yang Solehah dan Baik Menurut Islam

2. Ahlak dan Agama

Cara memilih suami yang saleh selanjutnya dengan melihat ahlak dan agamanya. Taat saja tidak cukup, Anda harus melihat dari sisi ahlak atau sikap yang dia miliki. Bagaimana dia bersikap, bagaimana sopan santunnya, bagaimana dia memperlakukan orang tua dan anak yang lebih muda darinya. Dan jangan lupa pilihlah dia karena agamanya. Jangan hanya sekedar melihat dia baik, sopan dan memiliki adab tata krama yang baik namun punya keyakinan yang beda. Hal ini sesuai apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwasanya: “Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadis ini hasan lighoirihi).

3. Bertanggungjawab

Cara memilih suami yang saleh dan baik yang terakhir yaitu bertanggungjawab. Manakala 2 hal diatas sudah dimiliki maka pilihlah laki-laki yang bertanggungjawab. Arti bertanggungjawab disini yaitu dia mampu memberi nafkah dalam arti dia memiliki pekerjaan. Dengan pekerjaan tersebut ia mendapatkan penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga. Jangan sampai dengan melihat ketakwaannya dan ahlaknya saja kemudian mengabaikan sifat tanggungjawabnya yang bisa dilihat dari kesanggupannya mencari nafkah. Hal ini dianjurkan agar jangan sampai nantinya suami akan menyia-nyiakan istri dan anaknya tentang nafkah yang harus dipenuhinya.

Itulah cara memilih suami yang saleh dan baik menurut islam. Semoga uraian diatas bisa bermanfaat bagi Anda khususnya wanita yang sedang mencari calon suami.

Baca juga: 6 Cara Menghadapi Suami Selingkuh Menurut Agama Islam dan Mengatasinya

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *