cara memulai bisnis online bagi pemula

3 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula yang Paling Jitu

Cara memulai bisnis online bagi pemula yang paling jitu. Sekarang ini banyak orang ingin memulai bisnis online karena bisnis online mengalami perkembangan yang pesat. Semua barang dan jasa semua ditawarkan secara online, baik melalui sosial media, marketplace dan lainnya. Dengan terjun menekuni bisnis online yang pasti akan mendapatkan penghasilan diluar pendapatan dari pekerjaan utama atau bisa menjadi bisnis sampingan. Namun jangan salah, bisa saja nanti penghasilan dari bisnis online yang akan Anda mulai lebih besar dari penghasilan pekerjaan utama.

Tentu bagi orang yang ingin mulai menerjuni bisnis online merasa bingung harus mulai dari mana. Nah, dalam pembahasan kali ini akan membantu Anda untuk langkah-langkahnya. Untuk lebih jelasnya tentang cara memulai bisnis online bagi pemula, silahkan simak lengkapnya dibawah ini.

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula dari Nol Sampai Sukses

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan untuk memulai sebuah bisnis online. Tidak bisa hanya menjual produk saja lewat online atau media sosial, cukup. Ada beberapa poin penting yang harus dilakukan yang sesuai urutannya. Namun yang terpenting bagi Anda yang ingin memulai bisnis online yaitu adanya niat dan ketekunan. Selain itu, fokus pada tujuan untuk meraup keuntungan dari hasil bisnis online tersebut. Berikut ini langkah dan cara memulai bisnis online bagi pemula yang paling tepat, antara lain:

1. Produk / Jasa yang Mau Dijual

Seperti halnya bisnis offline cara memulai bisnis online bagi pemula yang pertama yaitu adanya barang atau jasa yang akan dijual. Untuk produk misalnya maka pilihlah barang yang memiliki 1 kategori misalnya Anda ingin menjual pakaian anak untuk umur 2 sampai 5 tahun. Setelah itu, maka penting untuk tetap fokus pada pakaian tersebut pada satu jenis kategori yaitu pakaian anak 2 sampai 5 tahun saja. Jangan kemudian Anda menambahkan langsung, meskipun sebenarnya bisa saja dan sah untuk dilakukan namun akan kurang bagus bagi pemula atau yang baru mulai bisnis di online.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Pembeli di Bisnis Online yang Terbukti Ampuh

2. Strategi Pemasaran

Setelah barang yang mau dijual telah ditemukan dan target pasarnya pun jelas maka cara memulai bisnis online bagi pemula selanjutnya yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran. Ada banyak cara untuk pemasaran produk atau jasa di online, salah satunya dengan membuat website untuk menampilkan daftar produk atau jasa beserta keterangan harga dan lainnya. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat website maka Anda bisa memanfaatkan media sosial. Media sosial yang biasa digunakan untuk pemasaran antara lain facebook, instagram, twitter dan lain sebagianya. Mulailah dengan mengupload barang atau jasa yang dijual.

Perlu dimengerti untuk pemasaran di media sosial disarankan tidak hanya memuat tentang penjualan saja. Namun akan lebih baik jika Anda juga memberikan informasi yang berguna yang berkaitan tentang produk atau jasa Anda. Sebagai contoh Anda menjual pakaian maka sangat baik jika memuat info-info mengenai fashion yang lagi trend atau tutorial tentang fasyen. Kemudian dalam info tersebut Anda dapat menyelipkan iklan atau promosi tentang produk dan jasa Anda.

3. Memanfaatkan Marketplace

Seperti yang disebutkan tadi bahwa untuk cara memulai bisnis online bagi pemula tidak harus memiliki website dahulu. Jika Anda harus memikirkan harus punya situs untuk jualan pribadi maka bisa saja akan repot dan mulai-mulai jualan onlinenya. Selain media sosial ada tempat jualan online yang bisa Anda jadikan toko online Anda antara lain tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya. Anda hanya perlu mendaftar dan membuat akun jualan Anda. Sebagai info tambahan buatlah nama seperti nama kios yang berkaitan dengan produk. Penting memilih nama yang tepat yang membuat orang cukup mengerti apa yang dijual tanpa melihat display Anda.

Cara memulai bisnis online bagi pemula di marketplace tadi yang terpenting merutinkan mengupload produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karenanya penting untuk menjadwalkan kapan waktu yang tepat untuk memposting jualan online Anda. Waktu yang tepat untuk mengupload produk atau jasa yang ditawarkan yaitu pagi siang dan malam. Anda hanya mengamati waktu yang pas antara waktu sebelum orang berangkat kerja, istirahat kerja dan pulang kerja. Waktu tersebut memungkinkan orang memiliki waktu untuk berkunjung di marketplace jika membutuhkan sesuatu dan itu artinya peluang produk dan jasa Anda akan terbaca oleh mereka.

Demikianlah beberapa cara memulai bisnis online bagi pemula yang mudah dan jitu. Selamat mencoba dan sukses buat Anda!!

Baca juga: Bagaimana Cara Mencari Pelanggan Baru yang Banyak, Pakai Trik Ampuh Ini

 

 

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *