4 Cara Mendapat Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga dengan Mudah

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga dengan mudah. Selama ini sebagian orang masih banyak menganggap bahwa bank adalah satu-satunya tempat penyedia pinjaman modal. Namun anggapan tersebut kurang benar adanya, masih banyak penyedia permodalan usaha atau bisnis selain bank. Bahkan penyedia permodalan yang memberikan pinjamannya ini tanpa menerapkan sistem bunga yang tentunya akan sangat membantu pengusaha pemula.

Kesalahan yang banyak dilakukan para pelaku usaha atau pembisnis pemula yaitu dengan memijam uang untuk modal mereka di bank. Bank menerapkan sistem pinjaman dengan menentukan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Bagi pengusaha pemula yang mandiri tentu akan sangat sulit untuk berkembang karena alasan belum jelasnya usahanya yang dilakoni tersebut bisa mendapatkan hasil atau keuntungan yang pasti. Hal itu berbeda dengan sistem perbankan dalam menangani pinjaman, pihak bank meminta bunga itu pasti sedang usaha kita tak pasti hasilnya.

Maka oleh karena itu. sangat disarankan bagi Anda yang ingin mulai berbisnis atau sedang menjalani usaha pemula jangan meminjam uang dari pihak bank dengan bunga. Lantas bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga tersebut. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga

Meminjam uang untuk modal usaha dengan bank maka akan dikenakan bunga pinjaman. Bunga pinjaman tersebut harus dibayarkan setiap bulan dengan jumlah persenan sesuai perjanjian dengan pihak bank tersebut. Nah, kira-kira ada tidak cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga. Bukan hanya ada tapi banyak tempat penyedia pinjaman selain bank dengan tanpa menerapkan  sistem bunga pinjaman, antara lain:

1. Jasa Pegadaian

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga yang pertama yaitu jasa pegadaian. PT. Pegadaian merupakan perusahaan milik pemerintah yang bisa menangani peminjaman uang tanpa bunga. Pada Pegadaian tersebut menerapkan sistem yaitu sewa modal bukan bunga. Sistem sewa modal di pegadaian ini dihitung setiap 15 hari sebanyak 1,15 persen. Jika Anda mampu mengembalikan dana pinjaman kurang dari 15 hari maka sewa modal tersebut akan lebih sedikit. Untuk mendapatkan dana pinjaman dari pegadaian ini Anda harus memiliki agunan yang nantinya dtaksir untuk nilai dan jumlah pinjaman yang diberikan.

Baca juga: 5 Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Tanpa Modal yang Menjanjikan

Adapun jenis barang yang bisa dijadikan agunan atau jaminan di Pegadaian antara lain alat-alat elektronik, perhiasan emas, kendaraan bermotor, ponsel pintar dan sejenisnya. Kemudian nilai barang akan ditaksir menurut kualitas kemudian Anda akan diberi pinjaman uang sesuai taksirannya tersebut.

2. Pinjam Uang pada Saudara atau Kerabat

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga yang paling bagus yaitu dengan memijam uang ke saudara atau kerabat. Jika Anda memiliki saudara atau kerabat yang mampu maka hal itu bisa dijadikan tempat Anda mendapatkan uang untuk modal. Anda bisa menjelaskan usaha apa yang akan atau sedang Anda jalani kemudian mengajak mereka untuk memijamkan uang sebagai modal usaha. Penting diperhatikan untuk memijam uang dari saudara atau kerabat dekat ini yaitu adanya perjanjian bagi hasil yang jelas sehingga nantinya tidak menimbulkan permasalahan lain. Jika tidak ada saudara atau kerabat yang bisa dijadikan tempat mendapatkan uang pinjaman maka alternatif lainnya yaitu dengan meminjam kepada teman dengan sistem diatas tadi.

3. Pinjaman Online

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga berikutnya yaitu dengan pinjaman online. Ini merupakan tempat yang juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencari permodalan untuk usaha atau menambah modal untuk usaha yang sudah jalan. Pinjaman online saat ini mulai dikenal dan marak dicari orang. Anda bisa langsung cari tempat pinjaman online yang banyak tersedia di online. Caranya cukup mudah dengan mencari info di Google kemudian ketik pinjaman online.

Pada umumnya tempat pinjaman online menerapkan sistem jika Anda mampu mengembalikan atau melunasi pinjaman dalam waktu sebelum 30 hari maka tidak dikenakan bunga pinjaman tersebut alias bebas bunga. Pada umumnya untuk pinjaman online ini hanya bisa memberikan uang atau modal tidak lebih dari Rp 3 juta. Namun bisa saja Anda mencari informasi lain dengan memilih tempat pinjaman online yang sekiranya bisa memberi lebih uang pinjamannya.

4. Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga. Memang dalam hal ini melibatkan pihak bank namun tidak seperti pinjaman seperti biasanya. Untuk cara ini syaratnya Anda bisa melunasi pinjaman uang sebelum jatuh tempo. Usahakan jangan sampai membayar tagihan hingga jatuh tempo maka tidak akan dikenakan bunga pinjaman.

 

Itulah tadi beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Baca juga: 5 Cara Jualan Online Bagi Pemula Tanpa Modal dan Terbukti Sukses

Add Comment