7 Cara Mendapatkan Calon Istri yang Solehah dan Baik Menurut Islam

Cara mendapatkan calon istri yang solehah dan baik  menurut islam.Memang membutuhkan usaha yang tidak mudah untuk mencari wanita untuk calon istri. Tentunya bagi seorang pria menginginkan seorang wanita yang baik dan sholehah sebagai pendamping hidupnya. Dalam islam diperbolehkan mencari kriteria wanita yang baik untuk jadi istri seperti cantik, hartanya, keturunannya dan agamanya. Namun islam mengutamakan untuk wanita yang baik untuk istri karena agamannya.

Ada beberapa anjuran sebagai cara mendapatkan calon istri solehah dan terbaik dalam islam. Selain  dari cantik, harta, keturunan dan agama maka Anda perlu mengetahui sifat-sifat wanita yang tidak baik untuk dijadikan istri. Nah, apa saja sifat wanita yang menjadikan dirinya kurang baik untuk jadikan istri Anda. Simak ulasan lengkap tentang cara mendapatkan calon istri yang solehah dan baik menurut islam.

Cara Mendapatkan Calon Istri yang Solehah dan Terbaik

Seperti yang disebutkan diatas tadi bahwa cara mencari istri yang baik menurut islam, Anda harus mengenal sifat-sifat wanita terlebih dahulu. Dalam islam memberikan tuntunan beberapa sifat wanita yang kurang layak atau kurang baik untuk dijadikan istri, antara lain:

1. Selalu Merasa Resah

Sifat atau karakter wanita yang tidak baik untuk dijadikan istri yang pertama yaitu wanita yang selalu merasa resah. Wanita yang senantiasa merasa resah dalam islam disebut Al-Anaanah. Wanita dengan karakter ini akan selalu merasa tidak ada cukupnya dan tidak pernah bersyukur dengan apa yang diberikan kepadanya. Diberi motor maka ingin mobil, ada rumah merasa kurang bagus dan lainnya. Nah, tidak memilih wanita dengan sifat Al-Anaanah merupakan salah satu cara mendapatkan calon istri yang solehah.

Baca juga: 4 Cara Melancarkan Rezeki Agar Jadi Kaya Menurut Ajaran ISLAM

2. Selalu Mengungkit Ungkit

Cara mendapatkan calon istri yang solehah selanjutnya yaitu dengan tidak memilih wanita yang selalu mengungkit-ungkit masalah yang sudah lewat. Karakter wanita ini dalam islam disebut Al-Manaanah, jika Anda wanita dengan tipe seperti ini maka menunjukkan bahwa ciri wanita yang tidak layak dijadikan istri. Wanita Al-Manaanah akan selalu membicarakan suaminya sendiri, tidak memiliki tanggungjawab dan mempunyai rasa sayang pada suaminya. Dia juga suka membuka aib suaminya sendiri dengan mudah pada orang lain.

4. Memaksakan Kehendak

Tipe wanita yang tidak cocok dijadikan istri berikutnya adalah wanita yang memiliki sifat memaksakan kehendak yang nantinya memaksakan kehendaknya sendiri pada suami. Tidak memilih wanita dengan tipe memaksakan kehendak ini termasuk salah satu cara mendapatkan calon istri yang solehah. Dalam islam sifat wanita yang suka memaksakan kehendak disebut Al-Hudaaqah. Karakter wanita Hudaaqah ini akan selalu menjadikan suaminya seolah-olah adalah budaknya. Setiap hari selalu ditekan untuk bisa mewujudkan semua keinginannya. Selain itu ciri wanita yang tidak layak dijadikan istri ini akan membuat si suami bukan lagi menjadi pemimpin rumah tangga namun dialah yang memimpin.

5. Gemar Ngegosip

Hati-hati dengan wanita yang gemar menggosip kesana kemari tentang urusan orang lain. Tipe wanita suka ngegosip adalah tipe wanita yang tidak cocok dijadikan istri. Dalam islam seorang wanita yang suka menggosip disebut As-Salaaqah. Jadi, dengan tidak memilih wanita yang suka ngeggosip adalah langkah yang benar sebagai cara mendapatkan calon istri yang solehah. Allah senantiasa membenci wanita yang suka gosip karena akan banyak menimbulkan fitnah dan buruk sangka pada orang lain.

6. Sibuk Memanjakan Diri

Termasuk cara mendapatkan calon istri yang solehah dan baik yaitu dengan tidak memilih wanita yang selalu sibuk memanjakan dirinya. Wanita yang suka memanjakan diri ini dalam islam disebut Al-Hulaaqa. Wanita tipe ini akan melupakan semua tugasnya sebagai seorang istri dan lebih mengutamakan berhias (bersolek) dan selalu bersantai sementara suami bekerja keras. Mereka akan melupakan kewajibannya seperti mengurus anak, sholat, mengurus suami dan lainnya. Intinya wanita Al-Hulaaqa hanya memntingkan kecantikan diatas segala-galanya.

7. Gampang Mencintai Orang Lain

Wanita yang mudah jatuh cinta atau sering gonta ganti pasangan dalam islam disebut Al-Hunaanah. Wanita tipe seperti ini termasuk wanita yang tidak layak untuk dijadikan seorang istri. Nantinya, dia akan mudah mencintai laki-laki dengan kata lain mudah selingkuh. Intinya, wanita Al-Hunaanah tidak hanya menginginkan suami saja namun menginginkan orang lain maka tipe ini sebaiknya dihindari. Wanita ini jangan dijadikan calon istri dan sebisa mungkin untuk menjauhinya meskipun kamu memiliki rasa padanya. Dengan menjauhkan diri dari wanita seperti ini termasuk salah satu cara mendapatkan calon istri solehah dan baik menurut islam.

Lantas, seperti apa ciri-ciri wanita yang baik dijadikan istri menurut islam?

Pertama wanita yang baik untuk dijadikan istri adalah wanita yang tidak memiliki karakter seperti disebutkan diatas. Selanjutnya Anda bisa memikirkan sendiri tipe wanita baik lainnya seperti patuh, setia, menerima apa yang diberikan, rajin sholat dan banyak lagi lainnya. Intinya, Anda bisa mengutamakan wanita yang akan dijadikan istri adalah wanita yang patuh menjalankan semua perintah Allah seperti sholat, berpuasa, berbuat baik pada sesama. Dengan ia menjaga kepatuhan kepada Allah maka bisa dipastikan akan patuh pula nantinya kepada suaminya.

Itulah tadi beberapa cara mendapatkan calon istri yang solehah dan baik menurut islam. Semoga info tadi bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih

Baca juga: Cara Mendapatkan Anak Perempuan Menurut Islam yang Terbukti Berhasil