5 Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam yang Sesuai Al Qur’an dan Hadits

Cara mengatasi depresi menurut islam yang sesuai Al Qur’an dan Hadits.Depresi merupakan gangguan suasana hati yang menjadikan rasa sedih, merasa tidak berharga, putus asa, hilang ketertarikan dengan kesukaan sehingga menyalahkan diri. Dengan mengalami perasaan hati tersebut maka mempengaruhi perasaan, pola pikir dan aktivitas sehari-hari.

Penyebab depresi sangat banyak diantaranya kurang bersyukur, dengki, iri hati dan tuntutan hidup yang berat. Selain itu depresi juga disebabkan oleh stres dengan masalah keluarga, teman dan bahkan hubungan percintaan. Jika dibiarkan maka depresi bisa fatal akibatnya dari mulai stres berat, hilang semangat hidup dan lainnya. Oleh sebab itu maka harus diatasi dengan menghilangkan depresi pikiran yang tengah dialami. Ada beberapa cara untuk menghilangkan depresi tersebut diantaranya dengan cara alami dengan berbicara tentang permasalahan yang dihadapi dengan teman akrab atau sahabat. Disamping itu, ada cara mengobati depresi menurut islam.

Dalam islam cara mengatasi depresi berkepanjangan bisa dilakukan dengan banyak diantaranya dengan terapi stress secara islam, membaca doa untuk depresi, dan masih banyak lainnya. Nah, dalam pembahasan kali ini, kita akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi depresi menurut islam yang benar yang sesuai dengan Al Qur’an dan Al Hadits.

Kumpulan Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam

Memang dalam kehidupan, seseorang tentu akan mengalami permasalahan-permasalahan hidup yang harus dihadapai. Kadang senang, kadang susah yang silih berganti. Pada saat mengalami kesusahan hidup dengan permasalahannya tak jarang membuat seseorang mengalami depresi yang berkepanjangan. Islam sendiri memberi solusi dan mengatur tentang cara mengobati depresi tersebut. Obat untuk depresi dalam islam tentu yang dianjurkan dalam Al Qur’an dan hadits.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi depresi menurut islam yang bisa menjadi obat yang ampuh, antara lain:

1. Terapi Stress

Salah satu cara untuk mengatasi depresi dan stres berat adalah terapi. Jika secara umum terapi untuk menghilangkan stres berat atau depresi dengan berkonsultasi dengan psikiater. Namun dalam islam juga ada terapi stress secara islam. Untuk cara mengatasi depresi menurut islam yang pertama ini yaitu dengan berkonsultasi langsung dengan ustadz atau kyai yang mumpuni di sekitar Anda. Cobalah katakan apa permasalahan yang sedang dialami sebagai penyebab depresi Anda kemudian minta solusi yang tepat.

Baca juga: 4 Cara Melancarkan Rezeki Agar Jadi Kaya Menurut Ajaran ISLAM

Biasanya dengan terapi stress secara islami dengan ustadz akan diberikan beberapa solusi ditambah lagi dengan doa untuk depresi. Dengan begitu, Anda akan mendapat saran yang sesuai dengan ajaran islam sekaligus doa yang harus dilakukan.

2. Sholat

Sholat merupakan senjata paling ampuh untuk mengatasi segala macam permasalahan hidup. Dengan sholat juga merupakan cara mengatasi depresi menurut islam yang paling dianjurkan. Dengan sholat maka kita akan ditambahkan keimanannya dan dihilangkan semua kesusahan dan kegelisahan hati. Setelah sholat lakukan juga doa, seperti diketahui bahwa doa merupakan senjata orang beriman untuk semua permasalahan. Minta dalam doa setelah sholat untuk menghilangkan depresi yang dialami dengan doa yang Anda bisa. Dengan doa untuk depresi itu maka yakinlah akan diberi jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

Mengapa sholat dikatakan sebagai obat depresi paling ampuh. Hal ini jelas dari beberapa manfaat sholat tersebut diantaranya, dengan sholat maka orang menjadi lebih tenang. Selain itu, hati akan terasa damai sehingga nantinya dapat mengontrol emosi dengan baik. Ayat alquran tentang depresi yang menunjukkan bisa diobati dengan sholat adalah sebagai berikut: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al Baqarah : 153).

3. Berdzikir

Disamping menjaga sholat dan berdoa, cara mengatasi depresi menurut islam lainnya yaitu berdzikir. Depresi menyebabkan stress berat dan berkepanjangan maka seseorang membutuhkan ketenangan hati dan jiwa. Seperti diketahui juga bahwa dzikir merupakan salah satu obat depresi berat menurut islam yang tepat karena bisa menjadi terapi penyembuhannya. Hal ini diakui oleh ilmu kejiwaan dan ilmu medis saat ini tentang manfaat dzikir dapat menetramkan dan memberi ketenangan jiwa yang gundah karena depresi.

4. Sabar dan Tawakal

Sabar dan tawakal merupakan cara mengatasi depresi menurut islam. Seperti diketahui bahwa depresi timbul karena ada permasalahan yang berat. Saat mengalami masalah yang berat tersebut dalam islam menganjurkan untuk tetap bersabar dan tawakal. Hal ini sesuai dengan ayat dalam Al Qur’an “maka bersabar itu lebih Indah. Dan hanya Allah tempat memohon pertolongan.” (QS. Yusuf 18).

Selanjutnya tidak hanya bersabar saja, seseorang yang mengalami depresi berat dan berkepanjangan harus memiliki sikap tawakal. Pasrahkan semua kepada Allah dan yakin bahwa semua pasti ada jalan keluar. Semua permasalahan datang dan dengan berjalannya waktu maka akan hilang sendiri. Allah berkehendak dengan semuanya dan mintalah hanya kepada Allah untuk mengatasi semua permasalahan yang dialami. Namun harus disertai dengan ikhtiyar seperti cara menghilangkan depresi pikiran diatas tadi.

5. Menambah Keimanan dan Taqwa

Menebalkan iman dan taqwa merupakan pencegahan depresi yang berkepanjangan. Dengan iman yang kuat dan selalu bertaqwa juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi depresi menurut islam yang ampuh. Dengan kita yakin semua akan ada solusi jalan keluar karena keyakinan atas semua yang terjadi karena kehendak yang kuasa. Maka yakin juga bahwa Allah mampu menghilangkan stres dan permasalah yang dialami. Selain itu, dengan iman dan taqwa yang bertambah maka akan memberi energi positif dan mengurangi pikiran yang negatif yang bisa memperparah depresi.

Usahakan lebih dekat lagi dengan Allah Swt. dengan menjaga sholat dan menjauhi yang menjadi larangan. Ditambah dengan do’a maka depresi akan hilang dan hatipun akan semakin tenang dan damai. Nah, itulah beberapa cara mengatasi depresi menurut islam yang sesuai Al Qur’an dan hadits. Semoga uraian diatas bermanfaat.

Baca juga: 3 Amalan Agar Cepat Kaya Menurut Islam yang Terbukti Sukses