cara mengatur keuangan menurut islam

Cara Mengatur Keuangan Menurut Islam Agar Hidup Berkecukupan dan Berkah

Cara mengatur keuangan menurut islam agar hidup berkecukupan dan berkah (barokah). Islam tidak melarang seseorang untuk mencari kebahagiaan dunia dan bahkan islam mengajarkan kita untuk bisa mengatur keuangan. Dengan keadaan finansial yang baik maka seorang muslim akan dapat memenuhi segala kewajibannya seperti seorang suami yang mampu memberikan nafkah kepada istri dan memberikan kehidupan yang layak bagi keluarganya. Selain itu, dapat memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anaknya.

Tidak hanya untuk keluarga dengan kecukupan materi maka seorang muslim dapat memberi sedekah, infak untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. Disamping itu, dengan mengatur keuangan yang baik maka bisa saja seorang muslim menjadi mampu untuk menjalankan ibadah haji. Ternyata dalam hal financial islam memberi ajaran-ajaran tentang bagaimana cara mengatur keuangan yang baik menurut  Al-quran dan Al-hadits. Agar lebih jelasnya tentang seperti apa cara mengatur keuangan menurut islam maka simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatur Keuangan Menurut Islam Agar Banyak dan Berkah

Hidup yang sejahtera adalah tujuan semua orang termasuk orang muslim. Dengan mengikuti cara islami untuk mengatur keuangan diharapkan nantinya akan membawa kehidupan yang lebih baik. Untuk mewujudkan semua itu maka butuh cara yang menjadi pedoman. Nah, berikut ini beberapa cara mengatur keuangan menurut islam agar hidup berkah dan sejahtera, yaitu:

1. Mengatur Pendapatan

Mengatur pendapatan dari usaha yang dilakukan termasuk cara mengatur keuangan menurut islam. Hal ini telah dilakukan oleh para sahabat nabi yaitu salman Al Farisi. Beliau mengatur pendapatan dari pekerjaannya, ia memiliki uang 1 dirham yang digunakan untuk membuat anyaman kemudian menjualnya seharga 3 dirham. Dari hasil tersebut ia membagi pendapatan tersebut dengan 1 dirham untuk keperluan keluarga, 1 dirham untuk sedekah dan 1 dirham sisanya untuk modal kembali. Hal ini mengajarkan kita untuk pintar membagikan pendapatan sesuai pos-pos kebutuhan dan tidak menghabiskan pendapatan yang didapat.

Baca juga: 3 Amalan Agar Cepat Kaya Menurut Islam yang Terbukti Sukses

2. Menabung

Islam juga mengajarkan kita untuk menabung dengan menyisihkan sebagian uang yang didapat dari bisnis kita. Cara mengatur keuangan menurut islam yang menganjurkan untuk menabung yaitu hadits nabi SAW “Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari). Ada banyak manfaat dengan menabung antara lain memiliki uang cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Selain itu, jika sudah terkumpul banyak maka kita bisa mempergunakannya untuk keperluan yang diinginkan seperti naik haji misalnya atau yang lainnya.

3. Jangan Hidup Boros

Tidak boros juga termasuk cara mengatur keuangan menurut islam agar hidup sejahtera dan berkah. Hal ini telah tertuang dalam ayat Al-quran yang artinya “dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27). Selain itu dalam ayat lain juga disebutkan “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al-Furqon :67). Oleh karena itu jangan lakukan pemborosan dan cobalah untuk selalu berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebih-lebihan. Hindari membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan maka belilah sesuai kebutuhan tidak kurang atau lebih.

4. Jangan Berhutang

Berhutang sebenarnya diperbolehkan dalam islam namun ada aturannya sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu hadits, “Barangsiapa utang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya, maka Allah akan luluskan niatnya itu; tetapi barangsiapa mengambilnya dengan Niat akan membinasakan (tidak membayar), maka Allah akan merusakkan dia.” (Riwayat Bukhari). Hutang boleh asalkan memang sangat membutuhkan dan tak ada jalan lain kecuali berhutang, namun jika ada cara lain maka sebaiknya jangan berhutang. Berhutang jika sudah menjadi kebiasaan maka akan membuat orang gampang melakukannya dan akhirnya akan membuat repot saat membayarnya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk menghindari berhutang, karena berhutang juga wajib melunasi meskipun seseorang telah meninggal yang ditanggung ahli warisnya.

5. Bersedekah

Dengan bersedekah maka akan ditambahkan rezeki dan keberkahannya. Oleh karena itu bersedekah termasuk salah satu cara mengatur keuangan menurut islam yang dianjurkan untuk hidup menjadi berkah berlimpah. Hal ini sesuai hadits nabi yang artinya “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian.” (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11). Dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk bersedekah secara tidak langsung akan membersihkan harta kita dan menambah nilai berkah yang selalu bertambah. Disamping itu, ada alasan Allah SWT untuk menambahkan nikmat kita karena sedekah termasuk tanda rasa syukur kita terhadap nikmat hidup yang dianugerahkan-NYA.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan menurut islam agar hidup berkecukupan dan berkah. Semoga bermanfaat dan silahkan untuk membuktikan sendiri dengan menerapkannya dalam kehidupan Anda.

Baca juga: Inilah Cara Mengatur Keuangan Untuk Wanita yang Hobi Belanja

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *