cara menghapus riwayat pencarian google

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google di Destop dan Android (Mobile)

Cara menghapus riwayat pencarian google di destop dan Android (mobile). Saat menggunakan mesin pencarian google seringkali muncul hasil riwayat pencarian yang pernah dilakukan. Selain itu muncul juga saran pencarian yang serupa dengan riwayat yang pernah dilakukan. Saat ini google sebagai salah satu mesin pencari terbesar dan terpopuler telah menyediakan cara untuk menghapus history pencarian pada destop dan smartphone (ponsel). Tentu dengan adanya fitur untuk menghapus jejak tersebut pengguna akan sangat terbantu dan merasa lebih tidak terganggu dengan tampilan penelusuran google tersebut.

My Activity adalah menu yang digunakan sebagai cara menghapus riwayat pencarian google. Aktivitas Saya tersebut berisi tentang semua hasil pencarian yang pernah dilakukan. Dengan Menu Aktivitas Saya atau My Activity akan terbantu untuk melihat kembali atau melacak jejak pencarian yang lalu. Nah, jika Anda merasa ingin menghilangkan riwayat tersebut maka perlu mengetahui cara menghapus riwayat pencarian google pada destop dan mobile.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Pada Destop

Bagi Anda yang menggunakan destop baik itu PC ataupun laptop bisa dengan mudah menghapus jejak pencarian google yang sudah pernah dilakukan. Memang ada sedikit perbedaan cara yang dilakukan untuk destop dan mobile dalam menghapus riwayat penelusuran. Cara menghapus riwayat pencarian google di destop sangat mudah, yaitu:

cara menghapus riwayat pencarian google di destop

  • Pertama Anda masuk ke halaman My Activity dengan masuk ke link myactivity.google.com.
  • Selanjutnya Anda klik “Sign In” atau Masuk
  • Setelah itu klik menu ” Delete Activity By” yang terdpat di bagian kiri pada layar destop.
  • Kemudian pilih jangkauan waktu seperti Today (Pencarian hari ini ), Last 7 day ( Pencarian tujuh hari yang lalu), Last 30 days ( Pencarian 30 hari terakhir) dan All time (Pencarian selama ini/sepanjang waktu).
  • Anda juga bisa memilih dan mengatur sendiri jangkauan waktu yang ingin dihapus riwayat pencariannya dengan memilih tanggal pada kolom yang tersedia dibagian bawahnya.
  • Setelah Anda mengatur jangkauan waktu riwayat pencarian kemudian pilih “All Product” kemudian selanjutnya pilih “Search”. Menu search tersebut berguna untuk menghapus situs yang pernah Anda kunjungi dan “Image Search” berguna untuk menghapus pencarian gambar yang pernah dilakukan sebelumnya.
  • Terakhir pilih “Delete” pada kolom pop up pada tampilan, selesai.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dari Google Terbukti dibayar Per Bulan

 

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Pada Mobile (Smartphone)

Menghilangkan jejak penelusuran pada mobil atau ponsel merupakan cara menjaga privasi Anda. Seringkali mungkin smartphone Anda dipinjam oleh teman untuk mencari informasi dengan menggunakan google. Jika Anda tak ingin tampilan pencarian yang sudah pernah dilakukan nongol di area Google Search atau mesin pencarian google maka sebaiknya Anda hapus riwayat penelusuran yang lalu Anda.

Cara menghapus riwayat pencarian google di smartphone Android (mobile) bisa dilakukan dengan mudah. Dengan itu maka history penelusuran google yang sudah pernah dilakukan akan hilang. Berikut ini caranya:

  • Pertama masuk ke menu “My Activity” yang bisa diakses dari My Account (Akun Saya).
  • Scroll ke bawah hingga terlihat tampilan menu “My Activity”.
  • Anda juga bisa mengaksesnya dengan tautan myactivity. google.com.
  • Pilih Gambar ikon menu (tiga baris horisontal) yang ada dibagian kiri atas pada layar.
  • Kemudian pilih menu “Delete Activity by”.
  • Lakukan langkah seperti pada versi penghapusan riwayat pencarian pada destop, lalu pilih “Hapus Data”.
  • Untuk Google chrome penghapusan riwayat pencarian google bisa dilakukan dengan mudah yaitu klik ikon menu dan pilih history kemudian pilih “Hapus Data Browsing”.

Disamping menu My Activity diperuntukkan cara menghapus riwayat pencarian Google. Menu tersebut juga bisa menampilkan rincian statistik berapa banyak aplikasi yang digunakan, dan berapa kali aplikasi tersebut digunakan di perangkat Android. Data tersebut juga memuat aplikasi apa saja yang pernah dicari pengguna di Google Play Store dan berapa banyak iklan yang muncul di hasil pencarian yang sempat di-klik oleh pengguna.

Demikianlah cara menghapus riwayat pencarian Google di destop dan mobile, semoga bisa membantu dan selamat mencoba!

Baca juga: Ingin Dibayar Google Perbulan Puluhan Hingga Ratusan Juta, Begini Caranya

 

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *