Inilah Cara Tidur Sehat Seperti Nabi Muhammad (Rasulullah) dan Manfaatnya

Inilah cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad (rasulullah) SAW dan manfaatnya. Setiap perilaku dari Nabi Muhammad SAW merupakan sunnah dan bagi seorang muslim dianjurkan untuk mengikutinya. Dengan menjalankan sunnah nabi maka sudah pasti akan mendapatkan pahala. Dan termasuk kebiasaan Rasulullah yang mendatangkan pahala dan manfaat kesehatan yaitu cara tidurnya. Cara tidur Rasulullah SAW. Ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, hal ini pun dibenarkan oleh ahli kedokteran masa kini. Lantas, seperti apa cara tidur sehat ala Rasulullah SAW. yang telah diajarkan beliau?.

Ada beberapa posisi tidur sehat yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, dan ternyata pola tidur tersebut dengan cara-cara yang dicontohkan Nabi tersebut termasuk cara tidur yang paling baik dan paling sehat menurut pakar kesehatan. Nah, jika Anda ingin mengetahui cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad dan manfaatnya untuk kesehatan. Silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

7 Cara Tidur Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW dan Manfaatnya

Ternyata memadamkan lampu penerangan kamar saat tidur telah diajarkan oleh Rasulullah. Dengan tidur dalam keadaan gelap dan ternyata benar saja bahwa mematikan lampu pada saat tidur berpengaruh baik pada kesehatan tubuh. Agar lebih jelasnya berikut ini cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad SAW lengkap dengan manfaatnya, yaitu:

1. Matikan Lampu

Cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad yang pertama yaitu tidur dalam keadaan gelap atau lampu yang dimatikan. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Rasullullah SAW bersabda “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman.” Ternyata oleh pakar kesehatan menuturkan bahwa tidur dalam keadaan gelap membantu tubuh meningkatkan kekebalan. Selain itu, menghambat kolesterol naik, sebagai anti kanker dan membuat jantung sehat. Alasannya, saat tidur dalam keadaan gelap tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang memiliki manfaat diatas tadi. Tubuh hanya dapat memproduksi hormon melatonin jika dalam keadaan gelap.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Menurut Islam Agar Hidup Berkecukupan dan Berkah

2. Tidak Tengkurap

Cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad SAW selanjutnya yaitu tidak tidur dalam posisi tengkurap. Rasulullah SAW melarang tidur dalam posisi tengkurap. Larangan ini disebutkan dalam kisah yang disampaikan oleh Imam Tirmidzi yang menuturkan hadits dari Abu Hurairah ra. Saat Nabi melihat seorang Muslim tidur tengkurap, Nabi berkata, ” Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah.” Dan ternyata tidur dalam posisi tengkurap sangat tidak baik bagi kesehatan dan benarlah ilmu kedokteran yang meneliti posisi tidur tengkurap yang dilakukan dalam waktu lama dan pulas dapat mengganggu otot dada atau otot pernafasan tidak bisa mengembang sempurna. Akibatnya, aliran oksigen menjadi kurang baik dan sedikit yang bisa menyebabkan sesak nafas. Dengan kondisi asupan oksigen yang kurang tersebut maka bisa berakibat mempengaruhi kinerja jantung dan otak.

3. Tidak Miring Ke Kiri

Posisi tidur miring ke kiri juga tidak dilakukan oleh Rasulullah karena Rasulullah tidur dalam posisi miring ke kanan. Jika seseorang mengikuti cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad dengan posisi tidak miring ke kiri ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan terutama jantung. Menurut ahli kedokteran tidur dalam posisi miring ke kiri dapat membahayakan jantung.

4. Posisi Tidur Miring Ke Kanan

Posisi tidur yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah yaitu tidur dalam posisi miring ke arah kanan. Jika Anda memiliki pasangan hidup suami atau istri maka posisi tidur sunnah juga miring ke kanan. Si suami miring ke kanan dan istri juga posisi miring ke kanan dalam tidurnya dan posisi si istri ada di depan suami dan memeluknya. Ternyata cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad ini memiliki keutamaan dalam kesehatan. Kebalikan dari tidur posisi miring ke kiri, dengan tidur miring ke kanan maka akan dapat dicegah kegagalan fungsi jantung. Hal ini cukup masuk akal karena posisi jantung sendiri ada di posisi dada kiri dengan tidur miring ke kiri maka jantung akan menjadi tertindih dan tertekan.

5. Jangan Tidur Terlentang

Sama halnya dengan tidur tengkurap, posisi tidur dengan terlentang juga tidak boleh dilakukan. Rasulullah SAW. melarang umatnya tidur dalam waktu yang lama dengan keadaan terlentang. Tidur dalam posisi terlentang setelah dikaji oleh ahli medis ternyata bisa berpengaruh buruk pada tulang punggung. Dengan terlentang akan membuat sesak tulang belakang dan sering menjadi penyebab sering ingin buang air kecil. Disamping itu, tidur terlentang akan memaksa pernafasan dilakukan dari mulut bukan dari hidung. Padahal, bernafas yang baik dilakukan saat tidur yaitu yang bernafas melalui hidung karena lebih aman. Seperti diketahui hidung memiliki bulu-bulu hidung yang dapat menyaring udara yang masuk yang tak dipunyai oleh rongga mulut. Dengan itu maka cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad SAW yang tidak miring ke kiri, tidak tengkurap dan tidak terlentang memang terbukti menyehatkan.

Dengan tidur terlentang dengan bernafas melalui mulut bukan hidung maka rentan terhadap bakteri, debu dan kuman yang masuk sehingga menyebabkan mudah terkena flu, rongga mulut kering dan peradangan pada gusi.

6. Tangan Kanan Diletakkan di bawah Pipi Kanan

Setelah Anda tidur dalam posisi miring ke kanan maka cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad selanjutnya yaitu dengan meletakkan telapak tangan kanan di bawah pipi kanan. Dengan posisi ini ternyata memiliki manfaat kesehatan, telapak tangan kanan yang diletakkan sebagai bantalan kepala menjadikan tubuh dalam posisi tidur yang lurus dari kepala, leher dan punggung. Hal ini tentu akan mencegah nyeri leher atau sakit tengengen yang butuh waktu lama untuk sembuh. Dengan posisi tubuh lurus juga akan melancarkan aliran oksigen dan maksimal sehingga tubuh lebih segar saat bangun nanti.

7. Tidur Lebih Awal

Cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad SAW yang terakhir yaitu dengan tidur awal. Nabi Muhammad mengajarkan umatnya untuk tidur lebih awal, setelah selesai sholat isya jika tidak ada urusan lain maka sebaiknya untuk tidur saja. Hal ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, dengan tidur lebih awal maka tubuh akan melakukan pembersihan hati untuk menetralkan dari racun. Proses tersebut bisa dilakukan jika tubuh dalam keadaan santai dan tenang maka tidak akan terjadi proses penetralan racun pada hati jika seseorang tersebut sering begadang.

Itulah tadi beberapa cara tidur sehat seperti Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan mengamalkannya maka kita terhitung sebagai ibadah sunnah yang berpahala dan mendapat manfaatnya juga untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam yang Sesuai Al Qur’an dan Hadits