membangun bisnis bersama teman agar sukses

Ingin Membangun Bisnis Bersama Teman Agar Sukses, Baca Dulu Caranya

Ingin membangun bisnis bersama teman agar sukses, baca dulu caranya. Apakah Anda memiliki rencana untuk membuka usaha bareng teman?. Memang bagus memiliki usaha sendiri namun jika merasa terlalu berat menjalankannya maka tak ada salahnya untuk mencari patrner bisnis dengan orang lain seperti teman. Menjalankan bisnis bareng dengan teman memang tak mudah karena harus memiliki rasa percaya pada orang lain untuk bersama-sama membangun bisnis.

Pada umumnya membangun bisnis bersama teman karena ada alasan tertentu seperti terlalu berat untuk menjalankan sendiri seperti yang disebutkan diatas. Disamping itu, bagi Anda yang memiliki ide bisnis namun permodalan dinilai kurang atau terbatas maka tentu akan lebih baik menggandeng teman untuk mencukupi modal yang dibutuhkan. Sebelum Anda memutuskan mengajak teman untuk menjalankan bisnis bareng maka alangkah baiknya mengetahui kiat membangun bisnis bersama teman agar sukses dibawah ini.

Cara Membangun Bisnis Bersama Teman Agar Sukses

Biasanya dalam menjalankan bisnis bersama teman akan berpeluang menimbulkan masalah jika tidak mampu membedakan hubungan pribadi dengan hubungan kerja. Oleh karena itu, kiat membangun bisnis bersama teman agar sukses berikut ini akan membantu Anda.

1. Kesamaan Karakter

Menjalankan usaha bareng teman memang lebih mudah dibandingkan bekerjasama dengan orang yang belum Anda kenal sebelumnya. Dengan teman yang lebih dekat maka Anda tentu kecocokan karakter teman Anda yang berguna menjadi modal awal memperkuat kerjasama dalam usaha. Oleh karena itu, dalam membangun bisnis bersama teman agar sukses maka pilihlah yang memiliki kecocokan karakter karena akan membuat kerjasama nantinya lebih bertanggungjawab, nyaman dan baik.

Baca juga: 5 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Mulai Dari Nol Untuk Pemula

2. Teman Akrab (Sahabat)

Termasuk cara membangun bisnis bersama teman agar sukses yaitu memilih teman yang benar-benar Anda paham karakter dan visi misinya dalam berbisnis. Jangan asal pilih teman yang Anda kenal saja, teman yang Anda kenal lama belum tentu memiliki kecocokan karakter. Teman akrab yang dimaksud disini bisa disebut dengan sahabat. Karena sahabat memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan teman saja dalam hal tanggungjawab dan kepedulian. Banyak masalah saat kerjasama bisnis bersama teman dalam kondisi bisnis buruk maka dengan mudah meninggalkan usaha bersama. Selain bertanggungjawab, biasanya sahabat memiliki loyalitas yang tinggi  yang tetap bersama meskipun bisnisnya nanti ada keterpurukan.

3. Chemistry

Membangun bisnis bersama teman yang telah lama bersahabat dengan Anda maka tak perlu lagi membangun chemistry. Anda tentunya lebih tahu banyak tentang karakter teman Anda tersebut selain itu, perilaku, sifat latar belakang keluarganya. Membangun chemistry sangat penting dilakukan untuk bisnis yang dijalankan dengan orang lain atau teman. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah seperti kejadian kecurangan, tindakan menipu dan lainnya.

4. Buat Perjanjian Bisnis

Dalam membangun bisnis bersama teman agar sukses maka sebaiknya membuat perjanjian. Sekalipun yang Anda ajak bekerjasama dalam bisnis itu sahabat paling akrab Anda. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Perjanjian bisnis ini meliputi tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab masing-masing hingga berapa besaran pembagian hasil dari bisnis yang dilakukan.

5. Memposisikan Sesuai Keahliannya

Termasuk cara membangun bisnis bersama dengan teman agar sukses dan berkembang maka posisikan dia sesuai ahlinya. Jika Anda ingin memulai bisnis online misalnya maka pilihlah teman yang memiliki pengalaman tentang jualan online. Jadi, jika Anda memaksakan diri memposisikan sahabat Anda ke bisnis online namun sebenarnya ia ahli dibidang reparasi komputer maka tentu salah besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk diperhatikan teman yang memiliki ahli dalam bisnis yang akan dimulai dan jangan dipaksakan karena ingin cepat memulai bisnis yang penting sahabat Anda maka diajak join.

6. Pembagian Tugas

Cara membangun bisnis bersama teman agar sukses dan berkembang selanjutnya yaitu dengan pembagian tugas yang pas dan benar. Dengan memposisikan tugas masing-masing maka akan tahu tanggungjawab pekerjaan yang harus dikerjakan. Ada baiknya Anda catat pembagian tugas dalam bisnis tersebut agar tidak lupa pada tanggungjawab yang semestinya dilakukan masing-masing. Ada hal yang penting dilakukan juga, bahwa kerja bareng dalam bisnis tidak ada bawahan dan atasan maka tugas dijalankan sesuai pembagian tugas yang sudah dibuat dan disepakati.

7. Bekerja Profesional

Membangun bisnis bersama teman yang akan sukses yaitu yang menjalankannya dengan serius dan profesional. Bisnis dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak menganggap bisnis menjadi main-main. Bedakan antara saat bekerja dan bermain, jangan anggap sama. Hal ini bertujuan supaya bisnisnya akan serius digeluti tanpa ada kerjaan yang seakan-akan Anda dibuat main-main seperti untuk menyelesaikan tugas harus bersama dan lainnya. Usahakan untuk tetap menjaga profesionalitas kerja meski dengan teman atau sahabat Anda.

8. Bawahan dan Atasan

Jika bisnis yang dijalankan termasuk bisnis kecil atau mikro maka sebaiknya jangan ada kata bawahan dan atasan. Untuk bisnis kecil maka karyawan hampir tidak ada maka Anda dan teman Anda siap menjadi keduanya yang saling mendukung. Anda siap menjadi atasan dan sekaligus karyawan atau bawahan. Demikian juga yang harus dilakukan teman bisnis Anda tersebut. Semua terlihat pada posisi yang sama yang beda cuma tugas yang dilakukan.

9. Tujuan dan Target Bisnis

Menentukan tujuan dan target bisnis termasuk cara membangun bisnis bersama teman agar sukses. Diawal kerjasama ini, saat ada ide dan melihat peluang bisnis dan ingin membuka usaha bersama teman maka sampaikan tujuan dan target. Dengan membagikan info target dan tujuan maka dapat dihindari ketidakcocokan. Dengan kata cocok maka ada kesepahaman yang tidak akan menjadi masalah salah paham nantinya. Jangan sampai tujuan dan target tak jelas yang kemudian hari menimbulkan kesalahpahaman yang membuat pertemanan rusak dan bisnis bubar.

10. Transparan dan Berimbang

Jika ingin membangun bisnis bersama teman agar sukses dan berjalan baik maka harus ada keterbukaan. Sebagai misal, penggabungan modal dan besaran bagian hasil harus jelas, Jangan sampai nanti Ada kata yang kasih modal lebih banyak tapi pembagian sama atau lebih kecil. Dan jangan juga ada prasangka yang memberi modal kecil namun mendapat pembagian hasil lebih besar. Dari itu, buat laporan tentang besaran modal dari dua belah pihak dengan pembagian hasil yang sesuai.

11. Menggabungkan Skill

Orang tentu memiliki skill yang beda-beda meskipun dalam bidang yang sama. Untuk membangun bisnis bersama teman agar sukses maka perlu menggabungkan skill yang masing-masing miliki agar lebih sempurna. Sebagai contoh Anda memiliki skill dalam produksi produk, sedangkan teman bisnis Anda tidak begitu mampu dalam produksi tapi dia mahir pemasaran. Dengan memposisikan skill dia maka akan menjadi perpaduan yang pas dia melakukan pemasaran dan Anda yang memproduksi produknya.

12. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Percuma bisnis bersama sudah bagus namun mengabaikan catatan tentang uang keluar dan masuk. Maka kiat membangun bisnis bersama teman agar sukses harus ada catatan secara detail tentang berapa uang masuk dan uang yang dibelanjakan. Jangan mentang-mentang teman atau sahabat maka tak perlu mencatat saat jajan bareng dan itu dengan menggunakan uang bisnis. Dengan mencatat maka akan tahu secara detailnya berapa pemasukan dan pengeluaran sehingga dapat dihitung secara pasti keuntungan bisnisnya.

 

13. Buat Surat Kontrak

Kiat membangun bisnis bersama teman agar sukses dan berkembang dengan aman maka buatlah surat kontrak. Membuat surat kontrak yang berbadan hukum tersebut dilakukan saat akan memulai kerjasama bisnis. Buat kontrak dengan kertas dan tertulis jelas tentang semua yang dibutuhkan kemudian sertakan materai. Termasuk isi kontrak tersebut diantara pembagian posisi kerja atau tugas dan pembagian keuntungan bisnis. Kontrak juga harus diperbaharui jika nantinya ada penambahan modal yang dilakukan bersama. Jangan sungkan untuk membuat surat kontrak, jadikan awal yang profesional dengan kata lain bisnis adalah bisnis dan teman tetap teman dalam kontek yang berbeda.

Itulah tadi beberapa kiat dan cara membangun bisnis bersama teman agar sukses dan berkembang. Semoga informasi tadi bisa membantu dan menambah wawasan tentang bisnis Anda.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Pembeli di Bisnis Online yang Terbukti Ampuh

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *