mengatasi rasa kecewa dalam islam

Tips Mengatasi Rasa Kecewa dalam Islam, Seperti Inilah Caranya

Tips mengatasi rasa kecewa dalam islam, seperti ini caranya. Dalam hidup tentunya pernah merasakan kecewa, entah itu dikecewakan oleh keluarga, suami, istri, teman, sahabat dan orang lain. Rasa kecewa datang manakala harapan dan keinginan yang tak sesuai dengan hasil. Bahkan pada kasus tertentu seseorang bisa saja mengalami kekecewaan pada diri sendiri dan makin parahnya menyalahkan keadaan dan dirinya.

Saat Anda menaruh harapan yang baik kemudian harapan yang dinanti malah menjadi tak seperti yang diinginkan maka kecewa yang dirasakan. Jika rasa kecewa ini dibiarkan berlarut-larut maka akan timbul sakit hati dan sikap yang menjerumus ke sikap negatif seperti membenci dan lainnya. Oleh karena itu, rasa kecewa ini harus diobati dengan cara-cara yang tepat dan benar. Ada cara mudah mengatasi rasa kecewa, salah satunya dengan mengikuti cara yang dianjurkan dalam islam. Seperti apa dan bagaimana solusi yang diajarkan islam untuk mengobati rasa kecewa?. Simak jawaban lengkapnya dibawah ini.

Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kecewa dalam Islam

Semua cara untuk mengatasi masalah hidup manusia semua ada dalam islam. Begitu juga cara untuk menghilangkan rasa kecewa yang membuat hati merana. Berikut ini beberapa cara jitu mengatasi rasa kecewa dalam islam, yaitu:

1. Ubah Kecewa dengan Hal Positif

Rasa kecewa tidak hanya dirasakan oleh Anda, bisa saja orang lain merasa dikecewakan oleh sikap atau keputusan Anda. Cara mengatasi rasa kecewa dalam islam yang terbaik yaitu mengubah kekecewaan itu dengan sesuatu yang positif. Jika kecewa dialami oleh diri sendiri akibat orang lain maka jangan terlalu larut dalam kekecewaan. Ubahlah pikiran kita yang negatif dengan orang yang telah mengecewakan dan yakinkan diri Anda jika semua yang terjadi ada hikmah yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga: 6 Cara Menghadapi Suami Selingkuh Menurut Agama Islam dan Mengatasinya

Namun jika orang lain yang merasa kecewa oleh sikap dan keputusan Anda maka cara tepat mengatasi rasa kecewa dalam islam yaitu lakukan komunikasi. Cobalah dekati dia dan ajaklah bicara dengan baik-baik. Tanyakan apa yang membuat dia kecewa dan mintalah maaf serta memberi solusi untuk dia.

2. Memaafkan

Cara paling tepat untuk meringankan dan mengatasi rasa kecewa adalah kata maaf. Entah itu rasa kecewa yang dirasakan oleh Anda akibat perbuatan Anda sendiri atau orang lain yang membuat kecewa pada Anda. Bahkan pada kasus orang lain yang merasa dikecawakan oleh Anda. Maaf merupakan salah satu langkah mengatasi kecewa dalam islam, bukankah islam sangat menganjurkan kita meminta maaf jika bersalah dan memaafkan jika melakukan kesalahan. Maafkanlah diri Anda jika selama ini apa yang telah diharapkan dan dicita-citakan tak terwujud. Maafkanlah orang lain yang telah membuat Anda kecewa dan selanjutnya meminta maaf langsung jika ada orang lain telah dikecawakan Anda.

3. Bersandar Hanya Kepada Allah

Seperti kita ketahui manakala manusia bergantung pada dirinya dan orang lain sebagai penentu maka rasa kecewa akan mudah terjadi. Jika Anda saat ini telah terlanjur merasa kecewa maka ubahlah ketergantungan pada manusia dengan bersandar kepada Allah. Dengan bersandar hanya kepada Allah maka sekalipun Anda kecewa karena orang lain maka akan cepat menyadari kekecewaan yang berlarut-larut tak ada gunanya. Gantungkan harapan, keinginan Anda hanya kepada Allah, mulailah berdoa untuk memulai sesuatu dan selalu berdoa meminta sesuatu keinginan hanya kepada Allah. Dengan berdoa, Insya Allah akan dijauhkan dengan rasa kecewa karena mental Anda akan terpupuk segala yang terjadi tak terlepas dari qadha dan qodhar Illahi yang wajib kita imani.

4. Bersabar dan Berdoa

Diantara cara paling ampuh mengatasi rasa kecewa dalam islam yaitu bersabar dan berdoa. Dengan bersabar dan mengikhlaskan hati terhadap apa yang terjadi menjadi obat penenang hati yang mujarab. Yakinlah dengan bersabar maka kecewa akan diganti oleh Allah dengan sesuatu yang membahagiakan. Oleh karena itu, saat merasa kecewa maka bersabar dan berdoa agar Allah akan menghilangkan kekecewaan dengan ganti yang membahagiakan.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa kecewa dalam islam. Semoga info tadi bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda dan tetaplah tersenyum untuk hari depan yang akan lebih cerah dan bahagia, Amin.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam yang Sesuai Al Qur’an dan Hadits

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *